Saturday, May 1, 2010

dua persepsi

..disebuah keluarga sederhana,sang ayah mendadak sakit keras n sedang mendekati ajalnya..menyadari hal itu,sang ayah segera memanggil k2 anak laki2nya..sulung n bungsu..

..sang ayah pun menyampaikan pesan terakhir kepada mereka:"anak2ku,ada 2pesan penting yg ingin ayah sampaikan kpd kalian,pesan ini sangat berguna bagi keberhasilan hidup mu,"..lanjut sang ayah.."pertama,jangan pernah menagih piutang kepada siapapun..kedua,jangan pernah tubuhmu terkena terik sinar matahari secara langsung."

..walaupun k2 anaknya bingung dengan pesan si ayah,namun mereka berusaha mencerna n menerima pesan tersebut..akhirnya,sang ayah meninggal dunia..
..kemudian sulung n bungsu mulai merintis bisnis mereka masing2 utk membangun kehidupan yg mandiri..

..tak terasa 5thn berlalu..kondisi bisnis si bungsu sangat menyedihkan n terancam bangkrut..namun sebaliknya si sulung sangat sukser dlm bisnisnya..

..suatu hari sang ibu pun mengunjungi si bungsu utk menanyakan perihal nasibnya:"wahai bungsu,mengapa nasibmu sedemikian malang?"
..si bungsu pun menjawab:"ini karena saya menuruti 2pesan wasiat ayah..pertama,saya dilarang menagih piutang kpd siapa pun,sehingga byk piutang yg tidak dibayar n lama kelamaan habislah modal saya..k2,ayah melarang saya utk kena sinar matahari secara langsung,itulah sebabnya pergi n pulang dari toko,saya selalu naik taksi karena saya hanya memiliki sepeda motor hingga pengeluaran saya sangat besar."

..kemudian berkunjunglah sang ibu ke rumah si sulung..kali ini suasana berubah 180'..si sulung sangat makmur perekonomiannya,rumahnya besar n mewah..

..penasaran,sang ibu pun menanyakan perihal nasibnya.."wahai sulung,mengapa nasibmu sangat beruntung?"

..si sulung pun menjawab.."ini karena saya menuruti 2pesan ayah..pertama,saya dilarang menagih piutang kpd siapa pun,oleh karena itu saya tdk pernah memberi utang kdp siapa pun,sehingga modal saya tetap utuh..k2 saya dilarang kena sinar matahari secara langsung maka dengan hanya satu2nya motor yg saya punya,saya berangkat ke toko pagi2 benar sebelum matahari terbit n pulang setelah matahari terbenam,sehingga semua pelanggan saya tau bahwa toko saya buka paling pagi n tutup paling malam."

..sulung n bungsu,menerima wasiat pesan yg sama,namun masing2 memiliki sudut pandang berbeda n melakukannya dgn cara yg berbeda sehingga mendapatkan hasil yg berbeda..

No comments:

Post a Comment

@..trimz dah berkunjung di blog zhaluvat blogs..@